Memulai Bisnis Kolam Renang Waterboom Fiberglass

Apakah anda mempunyai lahan kosong dan ingin memanfaatkan sebagai usaha? Salah satu ide memanfaatkan lahan kosong adalah membuat usaha kolam renang untuk anak-anak. Pertimbangannya sederhana saja, hampir semua orang suka berenang atau bermain air. Membuka usaha kolam renang memberikan kesempatan anak-anak untuk belajar berenang sekaligus bergembira bermain air.

bisnis kolam renang umum
bisnis kolam renang umum


AHA..!

Belakangan ini anak-anak di desa kami mempunyai kegembiraan baru. Setiap minggu pagi mereka berbondong-bondong ke kolam renang “Tirta Ria” milik Pak Jono di pinggiran desa. Sebenarnya sudah hampir setahun Pak Jono menjalankan usaha kolam renang ini, namun baru mendapat sambutan cukup baik setelah melakukan beberapa renovasi bangunan kolam, pengelolaan air yang lebih baik, menyelenggarakan les dan lomba renang anak-anak. Bukan hanya ramai pada akhir pekan, pada hari-hari biasa pun kolam renang Pak Jono dikunjungi anak-anak, terutama setelah ia bekerja sama dengan sekolah-sekolah di sekitar kecamatan untuk kegiatan olahraga renang. Meski sederhana dan menempati lahan yang tidak teramat luas, namun kolam renang Pak Jono dikenal cukup bersih, aman dan nyaman bagi pengunjungnya. Tirta Ria pun jadi tempat hiburan dan olahraga yang menarik bagi anak-anak.

MENGAPA TIDAK..?

Berenang adalah kegiatan yang menyenangkan. Bagi yang mahir, berenang merupakan olahraga yang baik. Bagi yang tidak cukup mahir, atau bahkan tidak bisa berenang sekalipun, berendam dan bermain air di kolam renang amat menggembirakan. Di kolam renang, hiburan dan olahraga berbaur jadi satu, apalagi jika dilakukan bersama keluarga, kerabat dan teman.

Selama ini usaha kolam renang identik dengan usaha taman hiburan yang membutuhkan lahan yang amat luas. Namun beberapa wirausahawan berhasil mensiasati dan mendirikan usaha kolam renang di area perumahan atau pinggiran kota dengan lahan secukupnya. Mereka mengurangi investasi pada fasilitas hiburan, dan lebih memfokuskan pada usaha kolam renang itu sendiri.

Pendapatan usaha kolam renang diperoleh dari tiket masuk pengunjung, ditambah pendapatan lain dari penjualan/penyewaan alat renang, serta konter makanan dan minuman. Strategi keuangannya adalah menarik pengunjung sebanyak mungkin dan mengoptimalkan biaya investasi. Menarik pengunjung dapat dilakukan dengan mengadakan berbagai program dan acara yang menarik, atau bekerja sama dengan sekolah-sekolah dan klub olahraga.

Mengapa tidak membuka usaha kolam renang untuk anak-anak? Meski investasi yang diperlukan cukup besar untuk ukuran usaha kecil dan menengah, namun dengan perencanaan yang setapak demi setapak sesuai kemampuan dan tanggapan pasar, maka tidak mustahil jadi usaha jangka panjang yang menguntungkan.

AYO MULAI..!

Sebaiknya usaha ini dimulai dengan memanfaatkan lahan kosong atau bangunan menganggur sehingga tidak perlu mengeluarkan invetasi terlalu besar. Anda bisa mulai dengan satu kolam ukuran kecil sedang (misal: luas 5 x 10 m, kedalaman 60 – 150 cm). Ada dua pilihan: kolam renang di areal terbuka (outdoor) atau dalam gedung tertutup (indoor).

Gunakan jasa ahli kolam renang untuk mendapatkan bangunan kolam yang baik, tidak bocor, mudah dalam pemeliharaan, serta aman bagi penggunanya. Jangan-jangan membangun secara coba-coba daripada menyesal di kemudian hari karena harus mengeluarkan biaya perbaikan yang tidak sedikit. Awalnya cukup bangunan kolam sederhana, sedikit demi sedikit anda bisa menambah fasilitas, seperti papan luncur, papan loncat atau kolam untuk balita.

Siapkan bangunan dan fasilitas lain, seperti tempat penitipan barang, kamar ganti/bilas, toilet, konter-konter, tempat duduk penunggu, ruang peralatan. Siapkan desain areal kolam renang anda sebaik mungkin untuk mensiasati keterbatasan lahan serta menghemat investasi. Anda tidak perlu menyiapkan segalanya sekaligus jadi. Anda bisa melengkapi fasilitas secara bertahap sesuai perkembangan dan kemampuan usaha.

Anda perlu mendapatkan bahan baku air untuk kolam renang. Anda bisa mengebor sumur, mengalirkan dari sumber air terdekat atau membeli dari pemasok air. Semuanya tidaklah gratis. Di beberapa daerah, pemanfaatan air bawah tanah dikenai retribusi oleh Pemerintah setempat. Pastikan kondisi dan mutu air kolam anda benar-benar baik bagi pengunjung. Sebaiknya anda mempunyai keahlian dalam teknik pengolahan air. Anda juga memerlukan berbagai peralatan penanganan air dan kebersihan kolam, seperti pompa, filter, aerator.

Pelajari apakah diperlukan ijin-ijin khusus untuk membuka usaha ini? Misal, ijin keramaian, pemanfaatan air tanah, pengolahan dan pembuangan limbah. Demi perlindungan dan pengembangan usaha, serta penerimaan dari masyarakat, anda perlu mendapat ijin-ijin yang diperlukan.

Bagaimana dengan pembuangan air limbah kolam renang? Apakah bisa dibuang langsung dalam saluran pembuangan air umum? Atau, perlu melalui pemrosesan terlebih dahulu? Untuk memenuhi baku mutu, Air kolam renang diolah menggunakan bahan-bahan kimia. Pastikan limbah air kolam renang anda cukup aman dibuang.

Anda perlu bantuan tenaga kerja. Ada beberapa pekerjaan yang harus ditangani, seperti menjaga pintu masuk, mengawasi keamanan, memelihara kebersihan dan pengolahan air. Anda bisa mempekerjakan tenaga kerja paruh waktu. Penambahan tenaga kerja disesuaikan dengan peningkatan jumlah pengunjung.

Tidak perlu menunggu semuanya siap sempurna. Anda dapat mengadakan soft opening atau pembukaan percobaan. Dengar dan pelajari masukan dari pengunjung. Lakukan perbaikan yang diperlukan.

Kenalkan usaha anda dengan memasang spanduk di tempat-tempat ramai, pengumuman keliling, brosur, leaflet atau pemberitahuan ke berbagai instansi.

PERHATIKAN

Mutu air kolam adalah daya jual terpenting. Siapa pun akan tergerak untuk bercebur di kolam renang yang airnya bersih dan segar. Sebaliknya, air kolam yang kotor, bau dan berlumut akan dijauhi pengunjung. Air kolam yang baik, secara fisik, tidak berbau dan berasa, serta tampak berkilauan ditimpa cahaya. Di samping penampilan secara fisik, air kolam harus dijaga agar tidak banyak mengandung bakteri, virus, dan jamur untuk mencegah penularan berbagai penyakit dan jamur sesama pengunjung. Bahan kimia yang biasa digunakan untuk menjaga mutu air kolam adalah Chlorine. Selain itu, penting juga untuk menjaga Ph air kolam 7,2-7,6 demi kenyamanan pengunjung. Mutu air kolam harus selalu diukur dan dijaga setiap hari. Pengurasan dan penggantian air seminggu sekali biasa dilakukan.

Pengunjung juga memerlukan suasana yang bersih, nyaman dan aman. Perlu ada tenaga yang bertugas mengawasi pengunjung, baik yang berenang maupun tidak. Petugas ini harus cukup mahir berenang dan memberikan pertolongan pertama baik di air maupun di luar kolam. Sediakan obat-obatan pertolongan pertama secukupnya.

Demi kenyamanan dan kepatutan, anda perlu menyiapkan dan menerapkan tata tertib di area kolam renang. Misal: dilarang berenang dengan mengenakan sepatu atau busana lengkap. Dilarang makan dan minum di dalam kolam renang. Dilarang membuang kotoran dan sampah ke kolam renang. Umumkan peraturan ini agar diketahui dan dimengerti pengunjung.

Hiburan itu juga penting. Anda bisa siapkan soundsystem atau perangkat tata suara yang sederhana untuk memberi hiburan bagi pengunjung, selain bisa dijadikan sarana menyampaikan informasi.

TIPS PENGEMBANGAN USAHA

Berikan les renang. Jika anda mahir dan menguasai dasar-dasar berenang yang baik, mengapa anda tidak memberikan les berenang. Atau, anda bisa mengundang pelatih untuk melatih di tempat anda. Anda juga bisa mendirikan klub renang dengan sistem keanggotaan yang memberikan berbagai fasilitas, baik pemakaian kolam renang, peralatan renang dan pendidikan renang.

Adakan lomba-lomba. Untuk memeriahkan suasana dan menarik minat anda bisa mengadakan berbagai lomba renang atau lomba olahraga air lainnya.

Bekerja sama dengan sekolah-sekolah sekitar untuk mengadakan kegiatan ekstra kurikuler berenang. Bahkan jika perlu menjadi mitra sekolah dalam pelajaran olahraga. Anda bisa memberikan potongan harga khusus.

Sewakan perlengkapan renang. Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menyewakan dan menjual berbagai pakaian renang, ban, kacamata renangpelampung dan lain-lain.

Lengkapi kolam renang dengan gerai-gerai yang menjajakan makanan dan minuman ringan. Anda bisa menyelenggarakan sendiri, menyewakan konter atau mengundang pemasok untuk menitipkan dagangannya di konter-konter yang anda sediakan. Ini sumber pendapatan yang lumayan

Perkiraan Kebutuhan Modal Awal: Menengah ~ Besar.

Tingkat Kesulitan: Relatif sedang ~ sulit

sumber : http://wirausahaindonesia.com

You must be logged in to post a comment.